Travelakut Blog yang membahas tentang perjalanan, pariwisata, kuliner, budaya dan lainya. Banyak informasi mengenai travel dan tour di Indonesia maupun Luar Negeri yang bermanfaat. https://travelakut.com

Candi Sukuh, Pilihan Wisata Sejarah Terbaik Di Tawangmangu

candi sukuh

Wisata edukasi Candi Sukuh bisa jadi pilihan kamu untuk kunjungan liburan tahun ini. Selain kamu bisa mengulik sejarah dibalik pembangunan candi, kamu juga bisa menikmati keindahan arsitektur dari candi ini.

Kompleks candi Hindu yang berlokasi di Provinsi Jawa Tengah ini menyimpan kisah serta mitos unik yang menarik untuk kamu cari tau. Info lengkap mengenai destinasi wisata candi bisa kamu cari tau di sini.

Sejarah Singkat Candi Sukuh

Candi ini merupakan salah satu situs warisan dunia peninggalan Kerajaan Majapahit ini ditemukan tahun 1815.

Seorang peneliti situs sejarah bernama Johnson awalnya hanya berniat mengumpulkan data-data terkait buku yang akan ditulis oleh Thomas Stamford Raffles yang berjudul The History Of Java.

Siapa sangka kalau penelitiannya ini menemukan Candi unik ini. Setelahnya terdapat beberapa arkeolog Belanda lainnya yang melanjutkan penelitian mengenai candi ini.

Keindahan Arsitektur Candi Sukuh

Begitu melihat bentuk relief dan arsitektur candi kamu pasti akan terpukau karena baru pertama kali melihat desain arsitektur yang jauh dari candi-candi di Jawa Tengah pada umumnya.

Bentuk candi sendiri mirip dengan bentuk bangunan peninggalan suku Maya atau peninggalan budaya Inca di Peru.

Kesan eksklusif dan beda semakin mencolok dengan bentuk relief, patung, serta ornamen yang fulgar. Desain semakin unik dengan gambar dan bentuknya.

Banyak peneliti kemudian meninjau mengenai keanehan struktur bangunan dari candi ini. Dan beberapa memberi argumen bahwa candi ini dibangun terburu-buru sehingga strukturnya tidak rapi.

Mitos dan Legenda di Kompleks Candi Sukuh

Di kompleks candi eksotik ini beredar mitos serta legenda yang dipercaya oleh masyarakat sekitar candi. Dan mitos tersebut masih terjaga baik hingga sekarang dan bahkan dilakoni beberapa orang yang sangat yakin dengan kebenaran mitos yang ada.

Banyak yang mengatakan bahwa candi ini bisa membuang sial. Selain itu, ada juga mitos lain yang beredar bahwa candi bisa membawa kesuburan lewat ornamen-ornamen berbentuk lingga yon.

Mitos tersebut menjadi alasan beberapa orang untuk mengadakan ritual-ritual dengan maksud untuk membuang kesialan atau meminta kesuburan agar segera bisa memiliki keturunan.

Bahkan ada mitos mengenai tes keperawanan dan keperjakaan yang bisa dilakukan di sekitar relief berbentuk phallus.

Ritual lain yang juga kerap kali dilakukan di kompleks candi yaitu ritual untuk menarik benda-benda gaib di area Sukuh yang dipercaya masih disembunyikan makhluk tak kasat mata.

Lokasi, Harga Tiket dan Jam Buka

Untuk mengakses candi, lokasinya berada di Desa Berjo, Ngargoyoso, Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah. Letaknya persis di lereng kaki gunung Lawu.

Bagi kamu yang berangkat dari kota Karanganyar bisa menempuh perjalanan sejauh 20 km untuk sampai ke lokasi. Sedangkan, jika dari kota Surakarta jaraknya sejauh 36 km.

Harga tiket untuk masuk ke kompleks candi, kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp. 7.000 per orangnya. Fasilitas yang ada di candi ini diantaranya toilet, tempat parkir, dan musholla

Jika kamu ingin berkunjung ke kawasan candi ini bisa datang di jam operasional candi yaitu pukul 8 Pagi hingga pukul 5 Sore.

Mengunjungi Candi Sukuh sebagai pilihan destinasi wisata sejarah jadi pilihan tepat bagi kamu yang ingin mengisi liburan dengan pengalaman yang beda dari liburan pada umumnya.

Kawasan candi cukup luas untuk kamu eksplor, jadi kamu tidak bakal bosan selama berada di area candi. So, masukkan jangan lupa untuk memasukkan candi ini dalam daftar Travelling kamu selama di tempat wisata Tawangmangu, Yah!

Travelakut Blog yang membahas tentang perjalanan, pariwisata, kuliner, budaya dan lainya. Banyak informasi mengenai travel dan tour di Indonesia maupun Luar Negeri yang bermanfaat. https://travelakut.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.